3 Strategi Penetapan Target Pasar untuk Marketing Produk

3 Strategi Penetapan Target Pasar untuk Marketing Produk -
Salah satu bagian penting strategi pemasaran bisnis adalah menentukan target pasar. Dengan adanya target pasar yang jelas, akan mempermudah perusahaan untuk menentukan produk yang sesuai kebutuhan dan keinginan konsumen. Atau dengan kata lain, dapat juga diartikan bahwa target pasar merupakan pasar yang memiliki konsumen dengan daya beli yang cukup potensial. Dalam menentukan target pasar nya masing-masing perusahaan memiliki strategi yang berbeda, hal ini berkaitan dengan ranah jangkauan pasar yang ingin disentuhnya. Ada perusahaan yang ingin menjangkau konsumen dari semua kalangan, namun ada pula perusahaan yang sengaja memisahkan konsumen sesuai dengan target pasar produknya.  .

Dalam dunia marketing pada umumnya, setidaknya terdapat tiga strategi penetapan target pasar yang sering dilakukan para pelaku bisnis, strategi tersebut antara lain sebagai berikut :

1. Strategi pemasaran tanpa pembeda ( undifferentiated marketing )

Strategi pemasaran undifferentiated marketing  ini, hanya menawarkan satu macam produk dan mencakup seluruh pasar. perusahaan bertujuan untuk menanamkan image kuat produknya kepada para konsumen, tanpa membedakan target pasar. Umumnya, perusahaan melihat pangsa pasar secara keseluruhan tanpa membedakan target pasar tertentu. 

Undifferentiated marketing (pemasaran tanpa pembeda) dipilih para pelaku bisnis dengan pertimbangan  biaya penerapan strategi undifferentiated marketing lebih kecil dibandingkan pemasaran dengan differentiated marketing (membedakan target pasar). Startegi Pemasaran tanpa membedakan target pasar lebih  mengandalkan produksi, distribusi dan strategi promosi secara massal, sehingga bisa menghemat biaya.

Namun, strategi pemasaran undifferentiated marketing (pemasaran tanpa pembeda) tersebut juga memiliki kekurangan. Karena mayoritas pelaku bisnis yang tidak membedakan konsumen, maka para pelaku bisnis akan memilih target pasar yang paling luas untuk menawarkan produknya. Tentunya, jika banyak pelaku bisnis yang memilih cara marketing tersebut, maka persaingan bisnis pun semakin ketat.

2. Strategi pemasaran dengan pembeda ( differentiated marketing )

Adalah strategi marketing dengan membedakan target pasar sesuai kebutuhan konsumen. Berbagai variasi kebutuhan yang dibutuhkan para konsumen, menjadi faktor pendorong pelaku bisnis membedakan target pasar mereka. Jika pemasaran tanpa pembeda hanya memproduksi satu macam produk, pemasaran dengan pembeda memproduksi berbagai macam produk yang disesuaikan dengan kebutuhan dan minat para konsumen.

Pembedaan produk bisa dikategorisasikan berdasarkan letak geografis konsumen, style atau gaya hidup, umur, jenis kelamin, tingkat pendapatan, bahkan bisa juga dibedakan berdasarkan tingkat pendidikan para konsumen. Upaya pembedaan target pasar ini bertujuan agar loyalitas konsumen terhadap suatu produk lebih kuat, karena perusahaan menawarkan produk yang sesuai dengan keinginan konsumen. Salah satu contoh startegi  differentiated marketing adalah dari produk mie instan, mereka mengembangkan usahanya dengan membedakan varian rasa produk berdasarkan selera para konsumen.

Jika dibandingkan dengan pemasaran tanpa pembeda, strategi pemasaran dengan pembeda membutuhkan biaya yang lebih besar. Karena dibutuhkan biaya untuk riset produk baru, proses produksinya yang lebih besar, serta peningkatan biaya untuk riset pasar. Meskipun demikian, pemasaran dengan pembeda lebih disenangi para pelaku usaha. Sebab dengan  differentiated marketing, produk mereka memiliki daya tarik yang lebih kuat dibandingkan produk yang dipasarkan para pesaing.

3. Strategi pemasaran terkonsentrasi ( concentrated marketing )

Adalah model marketing terkonsentrasi yang hanya fokus memasarkan produknya kepada satu atau beberapa kelompok pembeli saja.  Sehingga pemasaran produk hanya ditujukan kepada kelompok pembeli yang paling berpotensi. Contohnya adalah produk Tropicana Slim, gula rendah kalori dan bebas gula ini lebih fokus kepada para konsumen yang ingin menjaga kesehatannya terutama bagi para penderita diabetes.

Dengan fokus pada kelompok tertentu, perusahaan yang menggunakan strategi pemasaran model ini berusaha menawarkan produk yang terbaik bagi target pasar mereka. Sehingga spesifikasi image produk yang ditawarkan dapat tertanam pada konsumen yang menjadi target pasarnya. Selain itu pemasaran terkonsentrasi juga lebih menghemat biaya, baik biaya produksi, biaya distribusi maupun biaya promosi. Sebab semuanya hanya fokus pada satu atau dua kelompok konsumen saja.

Namun begitu, pemasaran konsentrasi memiliki kelemahan, bahkan resikonya lebih besar dari  differentiated marketing maupun undifferentiated marketing. Bila target pasar yang menjadi fokus pemasaran tiba – tiba beralih ke perusahaan pesaing dengan fokus yang sama, maka Anda akan kehilangan satu – satunya ladang konsumen yang Anda miliki. Besarnya resiko yang ada, membuat pemilik perusahaan lebih memilih memasarkan produknya ke beberapa target pasar.

Itulah gambaran singkat tentang strategi target pasar. Bagi Anda yang ingin mencoba peluang usaha baru, sebaiknya tentukan terlebih dahulu target pasar yang ingin Anda jangkau. Semakin jelas target pasar Anda, semakin mudah pula Anda menentukan strategi pengembangan usaha tersebut. 

Thanks You For Reading 3 Strategi Penetapan Target Pasar untuk Marketing Produk on the Blog Bisnis Online Gratis If accepted, please share it via FB, Twitter and write your comments to this article
Share this article :
 

+ comments + 16 comments

January 21, 2014 at 1:34 AM

Keren sob

www.kiostiket.com

Anonymous
November 3, 2014 at 3:57 AM

tips nya oke sob

March 22, 2018 at 8:45 PM

Mengatasi berbagai masalah seperti : karier, jodoh rezeki, rumaha tangga, penyaki dll hub : 085223136474

March 22, 2018 at 8:50 PM

Mengatasi berbagai masalah seperti : karier, bisnis/usaha, jodoh rezeki, rumah tangga, penyaki dll hub : 085223136474. Motto : Kesembuhan dan Kesuksesan anda adalah tujuan utama pelayanan kami.

Anonymous
September 20, 2018 at 1:20 PM


TRADING ONLINE TERPERCAYA
Platform Trading FOREX berbasis di Indonesia.
Kami menawarkan produk-produk Cryptocurrency & Forex.

✅ Akun Demo Gratis
✅ minimum Deposit 50.000
✅ Bonus Deposit 10%
✅ Customer support 24jam /7 hari
✅ Browser Gadget / komputer
✅ Proses Deposit & withdrawal cepat
✅ Pembayaran profit up to 80%
✅ Bonus Referral 1%

Www.hashtagoption.com

Trading lebih mudah & Rasakan pengalaman Trading dengan profit mudah . Bergabunglah Sekarang di HASHTAG OPTION

October 3, 2018 at 4:34 PM

Hanya dengan bermain Game Dapat Menghasilkan Uang Jutaan Rupiah?
hanya di VAZBET lohhhh!
>> Bonus new member <<
- Depo 51.000-100.000+ dapat bonus 20%
- Depo 50.000-99.000 dapat bonus 10%
untuk selanjutnya minimal depo 25ribu saja bos
- Bonus Next Deposit 5%
Ayo Join VAZBET secepatnya dan menangkan jutaan rupiah !!! :D

December 8, 2018 at 7:32 PM

B O L A V I T A Menyediakan Promo Bonus New Member & Bonus Setiap Minggu'a.. Bahkan Membuat Event Lucky Draw Setiap Bulan'a Teman-teman.. Undian Berhadiah .. Info Lebih Lanjut, Dapat Hub Kontak Kami di bawah >> BBM: B O L A V I T A
WA : +628 1 2-2 2 2 2 -9 9 5
Line : cs_b-o-l-a-v-i-t-a

February 26, 2019 at 9:34 PM

Yuk Gabung di Bolayo.com

Minimal deposit 50ribu
Bonus Member 30%
Bonus Harian 5%
Aman & Terpercaya
hanya di bolayo.com

Whatsapp kami
+6282321807397

March 4, 2019 at 11:21 AM

Peluang usaha bisnis online terbaru yang bisa Anda coba, cek langsung di Mas Hafiz Site

September 17, 2019 at 10:47 PM

Kapan lagi anda punya kesempatan??
Cuma dengan modal 20K anda akan menjadi JUTAWAN!!!
Ajak teman anda bergabunglah bersama kami di dewalotto
Link Alternatif : dewalotto.club
Note : Nomor Official whatsapp kami hanya tertera di dalam website
selain itu bukan nomor whtsapp dewalotto ^-^

May 11, 2021 at 7:59 PM

Ayo Daftar Sekarang, Nikmati Freechip Berlimpah Setiap Hari... Join Disini Banyak Jenis Permainan Taruhan Online Terbaik, Kunjungi Website Kami Di Klik Disini dan Dapatkan Bonus Terbaru 8X 9X 10X win klik disini untuk mendapatkan akun Sabung Ayam anda dan Bonus Berlimpah.


September 3, 2021 at 9:20 AM

๐Ÿ”ด Lagi Viral Bisnis AFC Lifescience | Presentasi Penjelasan Bisnis AFC Lifescience Indonesia๐Ÿ“ฑ+6285277553117
๐Ÿ’ฐ๐Ÿฅณ๐Ÿ’ฐ๐Ÿฅณ๐Ÿ’ฐ๐Ÿฅณ๐Ÿ‘๐Ÿป๐Ÿฅณ

๐Ÿ Sampai gak tau lagi mau ngapain di era yang serba Luar biasa ini......๐Ÿ‘๐Ÿ‡ฏ๐Ÿ‡ต๐Ÿ‘๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡จ

♥️♥️♥️♥️ Duuuhhh.. tonton sendiri deehhh......

✔️ https://youtu.be/9oll1sCibyo

▬▬▬▬▬▬เฎœ۩۩เฎœ▬▬▬▬▬▬

๐Ÿ”ด SOP SUBARASHI Layanan COD๐Ÿ“ฑ085277553117
๐Ÿ”ด UTSUKUSHHII Layanan COD ๐Ÿ“ฑ085277553117
๐Ÿ”ด SENSEI SURU Layanan COD ๐Ÿ“ฑ085277553117
๐Ÿ”ด SOP100+ Layanan COD 085277553117
๐Ÿ˜€๐Ÿ‘‰ LEADER AFC LIFESCIENCE
๐Ÿ˜Ž๐Ÿ‘‰ MELAYANI PENGIRIMAN PRODUK² AFC LIFESCIENCE KE SELURUH KOTA DI INDONESIA Layanan COD๐Ÿ“ฑ085277553117
๐Ÿ”ด Cara Daftar Bisnis AFC LIFESCIENCE NETWORK ๐Ÿ“ฑ085277553117

#sop100 #sopsubarashi #utsukushhii #senseisuru #afc #lifescience #afclifescience #asayamafamilyclub #afcjapan #afcindonesia #afcmalaysia #afcsingapore

April 13, 2022 at 12:43 AM

Wah Makasih banget kak untuk insightnya. Sangat bermanfaat banget kak. Kebetulan ada aplikasi baru di bisnis Dropship & Reseller kak. Yuk boleh main ke websitenya dulu buat cari tau lebih lanjut. JualBareng

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Blog Bisnis Online Gratis - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger | Mitra Pangandaran | pariwisata loka